Fasilitasi Kemitraan : Menata Wajah Produk UMKM dalam Gerai MPP

Kita sepakat bahwa display produk adalah jendela jiwa bisnis, yang membiaskan cahaya keindahan dan keunikan produk. Gerai tanpa display produk yang baik adalah seperti taman tanpa bunga, yang kehilangan keindahan dan daya tarik. Display produk adalah kunci untuk membuka hati konsumen, dia adalah esensi visual dari sebuah merek yang dapat menjembatani produk dan konsumen dalam berinteraksi.
Gerai UMKM di Mall Pelayanan Publik adalah fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Yogyakarta untuk memperluas pasar UMKM dengan sasaran pegawai, masyarakat yang mengurus perizinan maupun kunjungan pegawai dari berbagai daerah. 14 forkom kemantren secara bergantian dalam mengisi gerai tersebut. Dalam setiap kesempatan anggota forkom yang mengisi gerai tersebut sekitar 25 – 30 produk. Omzet yang didapat fluktuatif, ada forkom yang mendapatkan omset tinggi ada yang rendah, itu semua tidak lepas dari heterogenitas produk yang ditampilkan dan pendisplayannya. Untuk itu, melalui rumpun kemitraan dan pembiayaan diselenggarakan fasilitasi kemitraan pemasaran produk pelaku gerai MPP di pendopo kemantren pakualaman tanggal 20 Maret 2025. Kegiatan ini diikuti oleh 30 pelaku usaha anggota forkom Pakualaman.
Tenaga ahli bidang UMK, Ramdhani Noor Fajrin menyampaikan bahwa memajang sebuah produk baik itu di gerai, pameran, seperti mempersembahkan diri sendiri, kemasannya yang menarik, legalitas yang lengkap, rasa, penyajian mencerminkan apakah produk kita layak untuk dibeli atau hanya sebatas dilirik. Itu penting namun belum menjadi hal penting bagi sebagian pelaku usaha. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, terbuka pandangan pelaku usaha untuk lebih memperhatikan hal – hal krusial seperti itu.