LOMBA TANGKAS TERAMPIL PERKOPERASIAN (SMP, SMA, Perguruan Tinggi)

Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta. Acara tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan Koperasi Goes To School yang diagendakan untuk memperingati Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024 sekaligus sebagai bentuk Kegiatan Pengembangan Pendidikan Ekonomi Koperasi.

Acara ini merupakan acara perlombaan seputar pengetahuan perkoperasian yang dapat diikuti oleh siswa/siswi jenjang SMP dan SMA/SMK serta mahasiswa/mahasiswi jenjang Perguruan Tinggi yang ada di Kota Yogyakarta. Berangkat dari permasalahan minimnya pengetahuan generasi muda akan perkoperasian membuat pengetahuan seputar perkoperasian penting untuk diberikan sejak dini melalui pendidikan yang dimulai pada siswa jenjang SMP dan SMA/SMK, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. Dengan diadakannya Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar perkoperasian serta sebagai ajang mengenalkan ilmu perkoperasian kepada generasi muda. Rangkaian acaranya meliputi seleksi administrasi, seleksi tertulis dan pemaparan materi. Acara ini diselenggarakan di Hotel Tara Yogyakarta pada hari Rabu, 29 Mei 2024.

Pemenang dari Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang SMP sederajat diantaranya yaitu juara 1 atas nama Anselmus Tristan Ibanez dan Theresia Keiona Razali dari SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.305,38; juara 2 atas nama Muhammad Gian Alana Akmal dan Sasadhira Yudhantari dari SMP N 9 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.281,50; juara 3 atas nama Nada Fauzul Mumtazah dan Muhammad Sulton Mario Sejati dari SMP N 8 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.249,63; juara 4 atas nama Amyastri Aurinyndhita dan Dhimas Faiz Wasminto dari SMP N 1 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.200,25; dan juara 5 atas nama Haura Gendis Rarasati dan Mufidah Hanin Najiha dari MTs N 1 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.139,50.

Kemudian untuk pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang SMA/SMK sederajat diantaranya yaitu juara 1 atas nama Dewi Amina dan Raisya Indah Nur Fathihah dari SMK N 7 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.331; juara 2 atas nama Kayyisa Dania Zamzami dan Maria Clara Naya dari SMA N 8 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.321,25; juara 3 atas nama Annassya Isnain Kamarudy dan Yesi Gempita Indah Sari dari SMK N 1 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.311,88; juara 4 atas nama Putra Sidiq Ajipratama dan Ranajla Julia Suha Zahra dari SMA N 5 Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.308,75; dan juara 5 atas nama Almaira Chandra Dewi dan Dento Pri Abimanyu Pratama dari SMK Koperasi Yogyakarta dengan total skor sebesar 2.279,13.

Selanjutnya pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang Perguruan Tinggi sederajat diantaranya yaitu juara 1 atas nama Ozha Razaldy dan Sri Wulandari dari Universitas Ahmad Dahlan dengan total skor sebesar 2.397; juara 2 atas nama Alya Qotrun Nada dan Cahya Nofita dari Universitas Ahmad Dahlan dengan total skor sebesar 2.344,13; juara 3 atas nama Dimas Saputra dan Muhammad Zidny Ilman Nafian dari Universitas Islam Indonesia dengan total skor sebesar 2.327,13; juara 4 atas nama Putra Jaya Pratama dan Pandu Rayya Rabbani dari Universitas Ahmad Dahlan dengan total skor sebesar 2.312; dan juara 5 atas nama Rionaldo dan Isna Ajeng Saputri dari Universitas Islam Indonesia dengan total skor sebesar 2.244,38. 

Informasi lebih lanjut mengenai acara tersebut dapat diikuti di akun Instagram @perinkopukm.jogja.official dan Tiktok @perinkopUKMjogja. Ayo ramaikan perayaan Hari Hari Koperasi ke-77 tahun 2024.

Gambar 1. Dokumentasi Pemaparan Materi Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

Gambar 2. Dokumentasi Penyerahan Kejuaraan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian