PEMILIHAN DUTA KOPERASI MUDA

Pemilihan Duta Muda Koperasi merupakan acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta. Acara tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan Koperasi Goes To School yang diagendakan untuk memperingati Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024.

Pemilihan Duta Muda Koperasi merupakan acara yang dibentuk sebagai wadah generasi muda untuk memperkenalkan koperasi secara lebih luas lagi kepada khalayak umum khususnya generasi muda lainnya. Dilatarbelakangi dari permasalahan citra koperasi yang terkesan sebagai organisasi yang ketinggalan zaman karena sumber daya manusianya yang didominasi oleh orang tua sehingga kualitas SDM kurang optimal dan sistem pengelolaannya belum sepenuhnya dapat beradaptasi pada kemajuan zaman di era digital ini. Maka dari itu, peran dari generasi muda sangat dibutuhkan untuk menunjang keberlanjutan koperasi.

Terdapat beberapa rangkaian acara dalam Pemilihan Duta Muda Koperasi ini meliputi seleksi administrasi,  pemaparan materi dan debat yang dapat diikuti oleh siswa/siswi kelas 10 atau 11 jenjang SMA/SMK di Kota Yogyakarta. Harapan dari diselenggarakannya acara ini yaitu untuk memberikan sosok generasi muda yang dapat dijadikan sebagai role model serta media untuk menarik perhatian dan minat masyarakat khususnya generasi muda lain untuk ikut bergabung dalam dunia perkoperasian.

Acara ini diselenggarakan di Hotel Tara Yogyakarta pada hari Selasa, 28 Mei 2024. Pemenang dari Pemilihan Duta Muda Koperasi diantaranya yaitu juara 1 atas nama Aufa Fadilla Nurysnainia dari SMA N 5 Yogyakarta dengan total skor sebesar 854,33; juara 2 atas nama Patricia Rosezefanie Putri Siallagan dari SMA N 8 Yogyakarta dengan total skor sebesar 814,96; juara 3 atas nama Ibrahim Hanif Roland Saputra dari SMA N 6 Yogyakarta dengan total skor sebesar 813,46; juara 4 atas nama Chaisa Rafi Andhika dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan total skor sebesar 792,58 dan juara 5 Ashilla Syoleh dari SMA N 1 Teladan Yogyakarta dengan total skor sebesar 786,38.     

Informasi lebih lanjut mengenai acara tersebut dapat diikuti di akun Instagram @perinkopukm.jogja.official dan Tiktok @perinkopUKMjogja. Ayo ramaikan perayaan Hari Hari Koperasi ke-77 tahun 2024.

 

 

Gambar 1. Dokumentasi Pemilihan Duta Muda Koperasi Kota Yogyakarta