FASILITASI SERTIFIKASI KOMPETENSI PROSFESI BATIK UNTUK IKM KOTA YOGYAKARTA

Dalam rangka menciptakan SDM industri yang kompeten secara massif, Kementerian Perindustrian melalui Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBSPJIKB) memberikan fasilitasi sertifikasi kompetensi bagi 20 (dua puluh) pelaku industri batik di Kota Yogyakarta.  Berdasarkan hasil data tahun 2022 jumlah IKM di Kota Yogyakarta sejumlah 7.529, dari jumlah tersebut sebanyak 3,5% atau 265 IKM adalah pengrajin batik. Salah satu keunggulan Kota Yogyakarta dalam dunia persaingan antar pembatik adalah SDM kreatifnya, tetapi belum semuanya mempunyai kompetensi yang diakui oleh negara.

Oleh karena itu dengan adanya fasilitasi sertifikasi kompetensi profesi batik ini tentunya akan meningkatkan kualitas SDM pelau industri batik di Kota Yogyakarta. Kegiatan dibuka pada hari Rabu, 3 April 2024 oleh Bapak Budi Setiawan., ST., MM selaku Kepala BBSPJIKB di Kantor BBSPJIKB, Jl. Kusumanegara No. 7 Yogyakarta. Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 3-4 April 2024. Peserta akan mendapatkan Pelatihan Berbasis Kompetensi Skema Perancangan Motif Kain Batik oleh instruktur dari BBSPJIKB yaitu Irfa'ina Rohana Salma, S.ST., M.Sn, Tin Kusuma Arta, S.ST, Anugerah Ariesahad., S.Ds, Aprilia Fitriani.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si. hadir mendampingi peserta dan berinteraksi dengan para peserta yang sedang mendesain pola batik. Setelah kegiatan tersebut selesai, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan sekaligus sertifikat kompetensi.