Hari Kurniawan Juara 2 Kategori Craft di  Indonesia Fashion and Craft Awward 2023/IFCA 2023

Kementerian Perindustrian melalui Bali Creative Industry Center Direktorat Jenderal IKMA mengadakan kompetisi Indonesia Fashion and Craft Awards / IFCA 2023 dengan tema Neighbourhood Spirit, yang mengajak desainer untuk berkolaborasi dengan IKM di sekitarnya untuk menciptakan produk baru di bidang Fashion dan Kriya yang innovativ, sustainable dan memiliki dampak ekonomi.

Rangkaian acara dimulai dengan sosialisasi di beberapa kota, di Yogyakarta sendiri sosialisasi dilakukan di Pusat Desain Industri Nasional pada tanggal 19 Agustus 2023. Batas submisi tahap 1 sampai dengan 5 Spetember 2023 dengan total 675 pendaftar dari seluruh Indonesia. Dari 675 pendaftar disaring menjadi 100 peserta yang berhak mendapatkan coaching secara online selama 5 hari. Meliputi coaching di bidang desain dan bisnis.

Setelah rangkaian coaching selesai 100 peserta diberi kesempatan untuk memperbaiki konsep dan desain karyanya untuk di submit di kompetisi tahap 2. Di tahap 2 ini diambil 14 peserta dengan 7 peserta bidang fashion dan 7 peserta bidang kriya. 14 peserta mendapatkan 1 on 1 coaching untuk lebih memantapkan konsep desain, dan mendapatkan fasilitas pembuatan prototype produknya. Dan di tanggal 30 November sampai 2 Desember 2023 14 peserta diwajibkan mempresentasikan konsep dan prortotype produknya kepada seluruh dewan juri di Jakarta.

Puncak acara dilakukan di Jakarta tanggal 14 Desember 2024 bertajuk Gebyar IKMA 2023 yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita. Dan Hari Kurniawan berhasil menjadi Pemenang 2 di kategori Kriya IFCA 2023. Produk yang diajukan diberi nama Alir-alur sebuah aluminum tray yang bisa digunakan sebagai nampan kopi ataupun wadah barang-barang kecil di meja kerja. Berbahan dasar aluminium dan dikombinasikan dengan teknik metal inlay tradisional Jepang. Pembuatan produk berkolaborasi dengan IKM Aluminium dan Perajin Perak Kotagede. Dengan memasukkan unsur handmade pada produk diharapkan dapat menambah value produk dan melindungi desain produk dari plagiarisme yang sering terjadi pada produk cor aluminium.