Menggerakkan Industri Kerajinan Melalui Dekranasda Fest di Kota Yogyakarta

Industri kerajinan merupakan sektor yang memberikan kontribusi signifian bagi perekonomian nasional. Kekuatan Indonesia dalam upaya pengembangan industri kerajinan yang bisa berdaya saing, juga didukung melalui kekayaan sumber daya alam dan budaya serta ketersediaan perajin yang terampil. Hal ini membuat produk kriya nasional mampu berkompetisi di lingkup domestik hingga global. Untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan, mengembangkan usaha, dan meningkatkan kehidupan pelaku usaha (IKM) di Kota Yogyakarta maka dibentuklah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta. Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Kota Yogyakarta, adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM)

Industri kerajinan merupakan sektor yang berpeluang besar untuk dikembangkan di Kota Yogyakarta karena selain Kota Yogyakarta sebagai Kota Wisata dimana para wisatawan banyak mengunjungi Kota Yogyakarta juga karena sebagian besar masyarakat Kota Yogyakarta banyak menggantungkan hidupnya di sektor industri kecil dan menengah ini. Disinilah fungsi penting Dekranasda sebagai wadah bagi pembinaan seni kerajinan diharapkan bisa mendorong industri kecil dan menengah untuk terus mendorong semangat kewirausahaan di masyarakat, meningkatkan kualitas dan kreativitas perajin untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan, mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pangsa pasar dan melestarikan serta mengembangkan warisan budaya melalui penemuan dan penggunaan teknologi baru

Melihat hal tersebut maka agar geliat industri kerajinan di Kota Yogyakarta dapat bertahan, tumbuh dan berdaya saing. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan promosi. Kegiatan promosi ini ditujukan untuk lebih mendorong industri kecil dan menengah mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat pada saatnya nanti bias menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya perajin. Dalam rangka mencapai maksud dan tujuan tersebut, Dekranasda menghadirkan Dekranasda Fest. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan, mempromosikan, dan memasarkan hasil produk kerajinan. Festival ini juga diarahkan untuk menghimpun pencinta seni dan peminat kerajinan, serta meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, terutama di sektor UKM.

Target sasaran Dekranasda Fest melibatkan semua industri kecil dan menengah di Kota Yogyakarta yang telah dikurasi oleh Tim Kurasi dari Dekranasda Kota Yogyakarta. Melalui festival ini, diharapkan industri kecil menengah di Kota Yogyakarta dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan kelasnya. Selain itu, festival ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesejahteraan para perajin. Acara ini akan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 19 November 2023, Galeria Mall, yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 99 – 101, Kelurahan Terban Kemantren Gondokusuman YogyakartaDekranasda Fest bukan sekadar festival kerajinan biasa; ini adalah momentum untuk memacu pertumbuhan industri kerajinan di Kota Yogyakarta. Mari bersama-sama mendukung sektor kerajinan, mempromosikan kekayaan budaya lokal, dan memberikan dukungan kepada perajin lokal agar terus berkarya dan berinovasi.