SEKATI ING MALL 2023

 

Kota Jogja dan segala kearifannya mewariskan begitu banyak budaya yang saat ini terwakili dalam berbagai produk kreatif antara lain berupa kerajinan, fashion maupun kuliner. Perkembangan inilah yang juga mendorong berbagai pihak untuk berikhtiar dan menekuni usaha sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Melihat kondisi ini, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta berinisiasi untuk menyajikan karya kreatif tersebut dalam Pameran Industri Kreatif Jogja #3 Sekati ing Mall. Sebuah pameran yang diusung bersama para perajin kreatif Jogja dengan produk kerajinan, fashion, dan kuliner untuk mewarnai semangat ekonomi bangkit kembali setelah pandemik berakhir, sesuai dengan semangat ulang tahun Kota Jogjakarta yang ke-267 yaitu Tatag, Teteg, Tutug, Tatag berarti mental yang bagus untuk menghadapi tantangan, Teteg berarti konsisten, ketika mendapat kritik dan halangan untuk tetap teguh, Tutug berarti telah sampai, selalu tuntas dalam mengerjakan sesuatu.

 

”Sekati ing Mall” Pameran Industri Kreatif Jogja #3 dilaksanakan di Plaza Malioboro, merupakan kegiatan yang terangkum dalam nama Sekati, selain mempunyai arti gamelan sebagai simbol acara Sekaten, Sekati juga dimaknai sebagai Selaksa Karya Sepenuh Hati. Berbagai karya yang melibatkan hati pembuatnya dan memperhatikan hati penikmatnya.

 

Yang membedakan pameran ini dengan pameran sebelumnya adalah pameran ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan peta jalan P3DN yang telah disusun oleh Tim P3DN Kota Yogyakarta dimana Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yk mengemban amanah untuk meningkatkan daya saing IKM dan melakukan pendampingan IKM mendaftarkan sertifikasi TKDN terhadap produknya. Dari 48 industri kecil menengah (IKM) yang mengikuti pameran baru sekitar 10 % produk IKM sudah ber TKDN oleh karenanya selama pameran berlangsung akan dilakukan pendampingan untuk masuk ke akun SIINas Kemenperind sebagai syarat mereka mendaftarkan sertifikat TKDN IK terhadap produknya.

Acara pembukaan Sekati Ing Mall digelar pada tanggal 5 Oktober di Plaza Malioboro yang dibuka langsung oleh PJ Walikota bapak Singgih Raharjo. Pembukaan Sekati Ing Mall menampilkan lomba Fashion Show yang diwakili oleh semua OPD di Kota Yogyakarta dan juga Bapak Singgih Raharjo bersama Ibu Atik Wulandari. Juara pertama Fashion Show Kategori Putra diraih oleh perwakilan dari Satuan Polisi Pamong Praja, juara kedua diraih perwakilan dari Kemantren Kraton, dan di urutan kedua diraih oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan. Sedangkan pemenang lomba Fashion Show kategori Putri diraih oleh Perwakilan dari Dinas Kebudayaan, juara kedua diraih oleh perwakilan dari Dinas Pertanian, dan urutan terakhir diraih dari perwakilan Dinas Kesehatan. Sekati Ing Mall 2023 di Plaza Maliboro Yogyakarta ini berlangsung dari tanggal 5 Oktober sampai dengan tanggal 10 Oktober 2023.