SOSIALISASI PUD (Produk Unggulan Daerah)

Telah dilaksanakan Sosialisasi Produk Unggulan Daerah (PUD) Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang meeting Fave Hotel Kusumanegara, Yogyakarta Pada hari Kamis, 06 Juli 2023 yang diikuti sebanyak kurang lebih 50 peserta. Sosialisasi Produk Unggulan Daerah Kota Yogyakarta merupakan sosialisasi yang ditujukan kepada 30 Sentra Industri yang ada di Kota Yogyakarta, dengan tujuan supaya 30 Sentra tersebut dapat lebih mengembangkan produknya menjadi unggulan dan mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Sosialisasi Produk Unggulan Daerah Kota Yogyakarta ini menghadirkan 3 narasumber yang memberikan materi kepada peserta mengenai pengembangan PUD di Yogyakarta, optimalisasi media sosial untuk promosi potensi wisata, dan upaya promosi produk unggulan daerah melalui hotel & restoran kota yogyakarta.

Narasumber pertama yaitu bapak Susanto Dwi Antoro, S.E. dari DPRD Kota Yogyakarta, menyampaikan materi mengenai Dukungan Komisi B terhadap Pengembangan PUD di Kota Yogyakarta. Adapun hal penting yang disampaikan meliputi: 1) PUD di Kota Yogyakarta masih kurang terlihat di mata masyarakat. 2) Sentra Industri harus memiliki 3 aspek yaitu layak huni, layak pakai, dan layak dikunjungi 3) DPRD Kota Yogyakarta sangat mendukung untuk kolaborasi antara produk sentra dengan pariwisata dan budaya yang ada di Yogyakarta.

Narasumber kedua yaitu bapak Galuh Alif Fahmi Rizqi, M.Pd dari Pengelola Desa Wisata Tinalah Kulon Progo, menyampaikan materi mengenai Optimalisasi Media Sosial untuk Promosi Potensi Wisata. Beliau menyampaikan beberapa hal yang meliputi: 1) Arah digitalisasi usaha, 2) Tantangan digitalisasi usaha, 3) Strategi pemasaran digital, 4) Komponen promosi, 5) Strategi komunikasi media, 6) Funneling digital marketing, 7) Kunci digital marketing dan kunci sosial media marketing.

Narasumber ketiga yaitu ibu Wahyu Wikan Trispratiwi, S.Pt.,M.Par dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Yogyakarta, menyampaikan materi mengenai Pentingnya Upaya Promosi Produk Unggulan Daerah melalui Hotel dan Restoran di Kota Yogyakarta. Beberapa hal yang disampaikan meliputi: 1) Pertumbuhan dan Perkembangan Industri Pariwisata Yogyakarta, 2) Strategi dan Langkah Hotel dan Restoran dapat mempromosikan PUD, 3) Manfaat untuk Hotel dan Restoran dalam mempromosikan PUD.

Harapannya dengan adanya kegiatan Sosialisasi Produk Unggulan Daerah (PUD) Kota Yogyakarta dapat memberikan insight baru, manfaat, dan dampak nyata kepada para peserta serta sentra industri Kota Yogyakarta ke depannya.