IKM KOTA JOGJA MENINGKATKAM INOVASI MELALUI BATIK LUKIS

Potensi Industri Kecil Menengah (IKM) Batik di Kota Yogyakarta pada tahun 2022 tercatat ada 265 IKM. Jumlah itu belum baru terkumpul menjadi 2 sentra saja dan lainnya masih tersebar di 14 kemantren yang ada di Kota Yogyakarta. Potensial untuk kita berikan pelatihan lebih lanjut untuk menghasilkan produk batik yang berkualitas.

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, selalu berupaya memfasilitasi para pelaku IKM agar mereka dapat mengatasi kelemahan yang masih dihadapi dengan berbagai kegiatan untuk memberikan penguatan terhadap aspek usaha yang masih lemah. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah pada Tahun Anggaran 2023 adalah Pelatihan Diversifikasi Produk bagi  IKM Kota Yogyakarta. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kemampuan IKM Kota Yogyakarta dapat meningkat sehingga mampu manjaga dan meningkatkan kualitas serta melakukan diversifikasi produk.

Kegiatan ini bertujuan untuk Memecahkan masalah yang bersifat teknis terkait produk baru yang akan dibuat, Meningkatkan kompetensi bagi para pelaku IKM, dan Menambah pengetahuan baru bagi para pelaku IKM. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Mei 2023 di Gedung PDIN Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh 20 IKM Batik Jogja. Intruktur mendatangkan langsung dari pelaku IKM Batik Lukis di Tamansari Kota Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya kegitan ini, IKM dapat meningkatkan inovasi-inovasi agar dapat bersaing dengan pasar batik di Dunia.