LOMBA TANGKAS TERAMPIL PERKOPERASIAN

Dalam rangka rangkaian memperingati Hari Koperasi ke -76 Tahun 2023 sekaligus sebagai bentuk kegiatan Pengembangan Pendidikan Ekonomi Koperasi. Kami Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta setiap tahun sekali rutin mengadakan Lomba Tangkas Terampil jenjang SMP, SMA/SMK, dan PT se kota Yogyakarta.

Adapun Lomba Tangkas terampil Tahun 2023 ini di kemas dalam bentuk yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Kami mengusung Tema “ Peran Generasi Milenial Mewujudkan Koperasi Modern” yang disajikan dalam bentuk Artikel untung jenjang SMP dan SMA/SMK, sedangkan bentuk studi kasus untuk jenjang Perguruan Tinggi.

Lomba Tangkas Terampil ini tidak sekedar teori dan pengetahuan semata, namun lebih penting lagi diimplementasikan dalam praktek di Sekolah/Perguruan Tinggi masing-masing melalui koperasi siswa/koperasi mahasiswa. Apabila mampu, mau, berdedikasi dan penuh integritas dalam upaya memajukan koperasi maka anak muda atau diwakili para siswa/mahasiswa akan mampu sebagai jembatan transformasi ideologi koperasi.

Adapun Tujuan Lomba tangkas Terampil ini yaitu peserta diharapkan memahami Regulasi Perkoperasian, peserta diharapkan memahami Ideologi Koperasi. Kegiatan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini diselenggarakan di Hotel Royal Darmo Malioboro, Jl. Kemetiran Kidul No. 54, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta pada tanggal 10 Mei 2023. Peserta yang diundang sebanyak 200 orang siswa/mahasiswa Jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se Kota Yogyakarta. Pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian yaitu :

  • Tingkat SMP

Juara I        : SMP N 10 Yogyakarta

Juara II       : SMP N 8 Yogyakarta

Juara III      : SMP N 9 Yogyakarta

  • Tingkat SMA

Juara I        : MAN 1 Yogyakarta

Juara II       : SMA N 1 Yogyakarta

Juara III      : SMA N 8 Yogyakarta

  • Tingkat Perguruan Tinggi

Juara I        : Kopma Universitas Islam Yogyakarta

Juara II       : Kopma Universitas Ahmad Dahlan (I)

Juara III      : Kopma Universitas Ahmad Dahlan (II)

 

Dengan adanya Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini diharapkan Siswa/Mahasiswa dapat menambah wawasan dan mengenalkan ilmu perkoperasian sedini mungkin.