PERJAIAN KERJA BERSAMA TOKOPEDIA

Dewasa ini teknologi banyak dimanfaatkan sebagai alat bantu utama manusia dalam menjalankan hidupnya, teknologi pun sudah masuk ke ranah wirausaha dengan ditandai lahirnya toko digital yang belakangan ini marak di masyarakat Indonesia. Karena memang berwirausaha sedang menjadi tren di masyarakat, maka perlu bagi para wirausahawan untuk membuat toko digital bagi usaha yang mereka miliki, supaya usaha mereka dapat mengikuti perkembangan pasar.

Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta pada, Senin 20 Maret 2023 menyelenggarakan penandatanganan kerja sama dengan  PT. Tokopedia untuk pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM) dan optimalisasi griya UMKM di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh bagian perekonomian dan kerja sama Kota Yogyakarta serta perwakilan PT. Tokopedia. Acara inti dalam kegiatan ini adalah penandatanganan kerjasama antara Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta dengan PT Tokopedia oleh Drs. Tri Karyadi. S.H., M.Si selaku kepala dinas dengan Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia.

Tujuan dari adanya kerja sama antara Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta dengan PT. Tokopedia adalah untuk mengoptimalisasi Griya UMKM melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan terkait berwirausaha digital oleh pihak PT. Tokopedia, karena dengan demikian maka masyarakat pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) akan terdidik dan terlatih dalam branding maupun marketing usahanya melalui platform digital. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan dengan narasumber yang sudah ahli di dalam bidang tersebut, yang didatangkan oleh pihak dari PT. Tokopedia. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, nantinya akan dapat mencapai tujuan utama, yaitu supaya UKM Kota Yogyakarta dapat naik kelas.

Dalam kerja sama ini dikatakan dapat menguntungkan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), karena  pihak PT. Tokopedia akan membantu para pelaku UKM untuk memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha), dan juga sertifikasi Halal, pesan tersebut disampaikan pada acara penandatanganan kerja sama oleh Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia.