KUNJUNGAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DI PUSAT DESAIN INDUSTRI NASIONAL

Pada Senin, 6 Februari 2023, Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) dikunjungi oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi beberapa struktural Pemerintah Daerah DIY. Kunjungan ini diterima oleh Pj Walikota Yogyakarta Bapak SumadiS.H., M.H., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bapak Drs. Kadri Renggono, M.Si., Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Bapak Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si., serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini dalam rangka kunjungan kerja Gubernur DIY untuk melihat program kerja yang akan dilaksanakan di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) yang sudah diselesaikan pembangunannya pada akhir tahun 2022 lalu.

Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) merupakan hasil dari rencana kerja yang disepakati oleh Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian, Pemda DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta dengan tujuan untuk menjadi pusat pengembangan desain guna meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah nasional. PDIN akan dijadikan sebagai wadah dalam mempertemukan antara desainer, pelaku industri, akademisi, penyedia bahan baku, eksportir, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam pengembangan bisnis berbasis desain dan karakter industri.

 Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Drs. Tri Karyadi Riyanto R, S.H. M.Si menyampaikan bahwa Kota Yogyakarta dipilih sebagai lokasi berdirinya PDIN oleh Kementerian Perindustrian dengan pertimbangan bahwa Yogyakarta dikenal sebagai pusat kerajinan dan produk kreatif di Indonesia, kekuatan dari sumber daya manusia dan pendidikan tersedia di Yogyakarta, Yogyakarta juga sebagai pusat perkembangan seni sebagai acuan tren dan kecenderungan masyarakat dunia serta potensi industri fashion Yogyakarta menuju kota pusat fashion dunia. Dalam jangka pendek, PDIN akan berfokus mendorong pengembangan desain pada 3 komoditas yaitu fesyen, logam, dan kayu.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi fasilitas yang ada di PDIN seperti ruang workshop kayu dan logam, ruang pameran, area plaza, area co-working, ruang rapat, rooftop, dan berbagai fasilitas lainnya, serta berkesempatan mendengar pemaparan program PDIN dari Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Drs Tri Karyadi Riyanto Raharjo S.H., M.Si., serta mendengarkan laporan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ibu Ir. Syam Arjanti, MPA.

Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan beberapa arahan, yaitu agar pemerintah Kota Yogyakarta memperhatikan aspek kelembagaan dan manajemen pengelolaan PDIN terlebih dahulu agar segala program dapat dijalankan dengan profesional, PDIN harus dapat menjamin adanya standarisasi, kualitas, dan mutu produknya. serta agar PDIN dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Pihaknya juga berpesan untuk melibatkan anak muda jurusan desain dan grafis untuk menciptakan desain-desain eksklusif untuk menaikan harga dan daya saing produk fesyen di Jogja.