Workshop & Pelantikan Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta Bawa Semangat Baru Pelaku Industri Kerajinan

Kerajinan merupakan suatu perwujudan perpaduan keterampilan untuk menciptakan suatu karya dan nilai keindahan. Usaha kerajinan di Kota Yogyakarta mulai dari skala mikro, kecil, hingga menengah sebagai produk ekonomi yang menduduki peran penting mampu berkiprah dalam pembangunan termasuk dalam penyediaan lapangan usaha baru sekaligus menjadi daya tarik wisata. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) hadir sebagai wadah bertaraf nasional yang berfungsi membantu dan sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan.

Kamis, 17 November 2022 , telah resmi dilakukan pelantikan Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Yogyakarta Periode 2022-2023 kepada istri Pj. Walikota Yogyakarta, Suni Fatmah Sumadi. Pelaksanaan pelantikan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi DIY, Ir. Syahbenol Hasibuan, di Ball Room Hotel Burza Jogja.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Pj. Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Wirawan Hario Yudho, S.H., serta beberapa perwakilan OPD, BUMD, dan Pengurus Dekranasda Kota Yogyakarta.

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi DIY, Ir. Syahbenol Hasibuan, dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa dengan adanya dilantiknya Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta yang baru dapat memberikan peningkatan kinerja dalam berkoordinasi, bersinergi, serta berintegrasi dengan semua komponen maupun pemangku kepentingan agar pengembangan kerajinan menjadi sebuah gerakan perubahan dan pembaharuan menuju yang lebih baik dengan cita-cita dari Yogyakarta untuk Indonesia dan dunia.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si., mengatakan bahwa sebagai mitra Dekranasda tentunya akan terus berupaya untuk mendukung program-program Dekranasda Kota Yogyakarta sekaligus mendorong, memfasilitasi, dan membina para pelaku usaha kerajinan di Kota Yogyakarta agar dapat terus berinovasi, meningkatkan daya saing, serta mengembangkan usahanya dengan tujuan akhir meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta.

Setelah pelantikan ini, selanjutnya akan dilaksanakan Musda dan Pengukuhan Pengurus Dekranasda yang baru. Agenda tersebut direncanakan pada awal bulan Desember 2022 mendatang.

Setelah agenda Pelantikan Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta selesai, dilanjutkan dengan Workshop Dekranasda Penyusunan dan Evaluasi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota. Sesi pertama disampaikan oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi DIY, Ir. Syahbenol Hasibuan, yang membahas tentang peran Pengurus Dekranasda dalam meningkatkan daya saing anggota untuk menghadapi pasar global. Kemudian dilanjutkan sesi kedua oleh perwakilan Dekranasda Kabupaten Sleman, Herry, S.T., yang membahas terkait rebranding Dekranasda menjadi lebih modern dengan menguatkan channel digital.