EMPAT SENTRA DI KEMANTREN UMBULHARJO RESMI DILAUNCHING

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam upaya pengembangan sentra IKM adalah dengan peningkatan kapasitas kelembagaan sentra melalui peningkatan sentra IKM, memberikan fasilitasi pembentukan kepengurusan dan meningkatkan kemampuan kegiatan usaha. Untuk itu, di perlukan adanya Launching Sentra yang di tujukan untuk memperkenalkan sentra-sentra industri kepada masyarakat dan membantu para pelaku IKM di Kota Yogyakarta dalam memecahkan persoalan yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran.

             Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, terus berupaya untuk membantu IKM Kota Yogyakarta khususnya pelaku IKM yang tergabung dalam sentra-sentra industri di Kota Yogyakarta agar bisa terus berinovasi secara kompetitif dan mengembangkan usahanya.

Maksud dari kegiatan Launching Sentra IKM tersebut di atas adalah untuk untuk memperkenalkan sentra-sentra industri kecil kepada masyarakat, para pemangku kepentingan di wilayah-wilayah dan untuk meningkatkan kemampuan serta kualitas pelaku IKM yang tergabung dalam sentra untuk bisa bersaing secara kompetitif di pasar global.

Di Kemantren Umbulharjo terdapat empat sentra IKM, diantaranya yaitu Sentra Almunium, Abon Nabati, Sentra Tempe, dan Sentra Jumputan. Empat sentra tersebut resmi dilaunchingkan pada tanggal 11 September di Jalan Soga Tahunan. Tujuan yang diharapkan setelah mengikuti Launching tersebut, adalah agar sentra-sentra di Kota Yogyakarta dapat menghasilkan produk – produk yang lebih inovatif dan berkualitas tinggi sehingga dapat mengembangkan usahanya dan pada akhirnya bisa berdampak dalam meningkatkan pendapatan IKM di Kota Yogyakarta dan harapan lebih lanjutnya agar pelaku IKM sentra di Kota Yogyakarta dapat mengekspor barang ke Luar Negeri.