PENYULUHAN PERKOPERASIAN UP2K DI KELURAHAN BRONTOKUSUMAN

Pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 dari Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta menyelenggarakan Penyuluhan Pra Koperasi pada UP2K Kelurahan Brontokusuman yang diikuti peserta sejumlah 20 orang. Dengan pemateri yang disampaikan oleh Sigit Dwinanto, S.Pt., M.T  tentang Koperasi menurut UU No. 25 tahun 1992 dan proses pendirian koperasi. Sedangkan Bapak Rifki Listianto dari anggota komisi B menyampaikan materi tentang  motivasi kelompok.

Penyuluhan perkoperasian ini merupakan tindak lanjut dari lomba Pra Koperasi dengan UP2K Kelurahan Brontokusuman perwakilan dari Kemantren Mergangsan dalam mengikuti lomba pra koperasi.  Tujuan penyuluhan perkoperasian di UP2K Kelurahan Brontokusuman untuk penguatan kelembagaan dan pengenalan koperasi yang memiliki kegiatan usaha yang hampir sama, yakni simpan pinjam. Namun dengan seiring berjalannya waktu banyak dana yang mengendap di kelompok. Hal ini dikarenakan kurangnya minat anggota dalam meminjam dana di UP2K Kelurahan Brontokusuman.

Dalam kesempatan kali ini Bapak Rifki Listianto, anggota komisi B menyampaikan terkait dengan motivasi kelompok yang diharapkan kelompok UP2K Kelurahan Brontokusuman mampu menggali potensi yang ada yang nantinya dapat dikembangkan menjadi suatu usaha dengan memanfaatkan dana kelompok yang ada. Sehingga dana kelompok dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

UP2K Kelurahan Brontokusuman berdiri dari tahun 2012, bermula dari dana bantuan TPPKK Kelurahan Brontokusuman untuk UP2K sebesar Rp 7.683.500, dengan tujuan meningkatkan pendapatan keluarga dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga. Kemudian dari dana bantuan tersebut digulirkan ke anggota untuk kegiatan usaha simpan pinjam yang hingga kini assetnya berjumlah Rp 20.132.400

Hasil penyuluhan perkoperasian Kube Sejahtera XVIII YKKT 015 Gedongkiwo berjalan lancar dan pengurus maupun anggota juga cukup antusias dalam memahami tentang koperasi dan akan mencoba mencari potensi kelompok yang akan dikembangkan untuk mensejahterakan anggota kelompok. perkoperasian.