UP2K – PKK KALURAHAN MUJA – MUJU MENDAPATKAN PENYULUHAN PERKOPERASI

UP2K PKK kalurahan Muja – Muju dibentuk pada tahun 1999, kegiatan awal hanyalah simpan pinjam, sumber dana dari tabungan anggota. Yang terlibat di dalamnya dari pokja kalurahan, ibu-ibu pengurus RW, dan anggota PKK yang mempunyai anggota rumahan. UP2K Muja – Muju terdiri dari 10 poklak yang mempunyai anggota. Kelompok ini mulai mengembangkan usahanya selain simpan – pinjam antara lain laundry, salon (spa dan rias pengantin), batik, dan kuliner seperti lotek, yamie, egg roll, dimsum, aneka snack lainnya.

UP2K Muja – Muju termasuk dari 14 kelompok yang menjadi sasaran penyuluhan perkoperasian yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Koperasi UKM kota Yogyakarta tahun anggaran 2022. Bertempat di Kalurahan Muja – Muju, pada tanggal 30 Mei 2022, penyuluhan tersebut dilaksanakan. Pada saat itu, Lurah Muja – Muju turut memberikan sambutan, memberikan dukungan terkait kegiatan tersebut. Adapun narasumber yang hadir adalah Bapak Susanto Dwi Antoro, selaku ketua komisi B DPRD kota Yogyakarta dan Bapak Sigit Dwinanto, S.Pt, MT dari bidang koperasi. Penyuluhan ini dihadiri oleh 20 orang ibu – ibu anggota kelompok.

Materi dari penyuluhan ini terkait tentang tata cara pendirian koperasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan adanya pemaparan tentang koperasi, kelompok diharapkan dapat menyiapkan diri jikalau nanti suatu saat akan naik kelas menjadi koperasi. Penguatan kelembagaan, menyempurnaan administrasi yang ada misalnya kelengkapan dokumen-dokumen pendukung, pembuatan laporan keuangan merupakan hal – hal yang harus diperbaiki setahap demi setahap. Selain itu, adanya pemberian motivasi dari komisi B, bahwa banyak fasilitasi yang dapat diakses kelompok melalui pemkot Yogyakarta.

Antusiasme peserta penyuluhan tampak dari banyaknya usulan, pertanyaan, brainstorming kepada kedua narasumber yang hadir. Wawasan yang diperoleh dapat dijadikan modal untuk memperbaiki internal kelompok. Harapannya ilmu yang diperoleh selama penyuluhan ditindaklanjuti berupa rencana kerja yang siap dilaksanakan dan diwujudkan oleh anggota kelompok UP2K Muja – Muju.