PENYULUHAN PERKOPERASI UPPKS MADUBRONTO PATANGPULUHAN

Kegiatan penyuluhan perkoperasian menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh bidang koperasi, Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari lomba pra koperasi diikuti oleh 14 kamantren di wilayah kota Yogyakarta. Kelompok – kelompok tersebut ada yang berjenis UP2K - PKK (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga), UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, dan KUBE (Kelompok Usaha Bersama).

Pada tanggal 23 Mei 2022 dari Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta menyelenggarakan Penyuluhan Perkoperasian pada UPPKS Madubronto Patangpuluhan yang diikuti peserta sejumlah 20 orang, diketuai oleh Ibu Eny Susanti . Materi yang diberikan tentang UU No. 25 tahun 1992 dan Pendirian Koperasi. Tujuan penyuluhan perkoperasian adalah untuk penguatan kelembagaan dan pengenalan koperasi kepada UPPKS Madubronto Patangpuluhan yang memiliki kegiatan usaha yang hampir sama, yakni simpan pinjam.

UPPKS Madubronto Patangpuluhan merupakan kelompok yang ditumbuhkan oleh BKKBN memberikan bantuan fasilitas permodalan kepada kelompok yang meliputi dana bergulir, dengan untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga melalui pembelajaran usaha ekonomi dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha. tujuan sebagai upaya dari pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat.

Pada awal penumbuhan masing-masing  kelompok UPPKS diberikan bantuan modal usaha yang digulirkan untuk dimanfaatkan sebagai stimulasi  modal usaha masing-masing anggotanya. Dengan adanya bantuan modal usaha untuk UPPKS Madubronto Patangpuluhan, maka terbentuk kegiatan simpan pinjam dalam kelompok sebagai stimulasi modal usaha masing-masing anggotanya.

Penyuluhan perkoperasian diikuti secara antusias oleh kelompok. Banyak anggota yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali wawasan kepada narasumber yang berasal dari dinas dan anggota dewan DPRD komisi B kota Yogyakarta komisi B. Diharapkan peserta penyuluhan mampu memperbaiki administrasi yang ada dalam kelompok, membuat laporan keuangan yang rapi, sehingga Ketika kelembagaannya sudah kuat, maka ketika kelompok akan meningkatkan diri ke tahap koperasi akan lebih mudah.