LOMBA TANGKAS TERAMPIL PERKOPERASIAN JENJANG SMP, SMA/SMK DAN PERGURUAN TINGGI SE KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

LOMBA TANGKAS TERAMPIL PERKOPERASIAN JENJANG SMP, SMA/SMK DAN PERGURUAN TINGGI SE KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (1) bahwa perekonomiam disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan. Koperasi sebagai sokoguru perekonomian di negara kita mengatur kehidupan ekonomi berkoperasi yang mengacu kepada Undang-undang nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian”. Jumlah koperasi Se Kota Yogyakarta ada 364 unit Per 31 Desember 2021. Kalau kita melihat perkembangan koperasi di Kota Yogyakarta, sudah saatnya kita berbenah untuk menjadikan koperasi sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam rangka Pemberdayaan dan Pengembangan usaha ekonomi masyarakat melalui wadah usaha koperasi diantaranya pengembangan usaha koperasi bidang produksi, Jasa, pemasaran hasil produksi melalui pelaksanaan promosi, peningkatan kapasitas atau kualitas sumber daya manusia, sistem informasi dan teknologi juga akses sumber permodalan, penataan kelembagaan dan berbagai upaya lainnya, dengan harapan koperasi khususnya di Kota Yogyakarta dapat menjadi sokoguru di daerahnya.

Kementerian Koperasi dan UMKM mendorong terbentuknya 100 koperasi baru yang modern dan berbasis digital per tahun dan mencapai 400 unit pada akhir 2024 sesuai dengan amanat RPJMN 2019-2024. Koperasi modern menjadi pilar untuk mendorong UMKM, yang merupakan kunci pemulihan ekonomi nasional. Koperasi modern ini nantinya adalah yang bagian rantai pasok terintegrasi dari hulu hingga hilir dengan melibatkan kemitraan, baik dengan UMKM, offtaker, dan perbankan. Pengetahuan tentang perkoperasian yang modern dan berbasis digital ini akan lebih baik jika dimulai diberikan sedini mungkin kepada generasi muda melalui pendidikan, dimulai pada siswa jenjang SMP dan SMA/SMK, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi.

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Tahun 2022 sekaligus sebagai bentuk Kegiatan Pengembangan Pendidikan Ekonomi Koperasi. bahwa Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian bagi Koperasi Siswa Jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi Se Kota Yogyakarta. Dengan diadakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi ini diharapkan menambah wawasan dan mengenalkan ilmu perkoperasian. Hal ini membantu siswa mempunyai sikap gotong royong dan saling membantu dalam memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta membiasakan siswa untuk gemar menabung. Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini tidak sekedar teori dan pengetahuan semata, namun lebih penting lagi diimplementasikan dalam praktek di Sekolah/Perguruan Tinggi masing-masing melalui Koperasi Siswa/Koperasi Mahasiswa. Apabila mampu, mau, berdedikasi dan penuh integritas dalam upaya memajukan koperasi maka anak muda atau diwakili para siswa/mahasiswa akan mampu sebagai jembatan transformasi ideologi koperasi.

Tujuan dilaksanakan lomba tangkas terampil perkoperasian ini meliputi:

  1. Peserta diharapkan memahami Regulasi Perkoperasian.
  2. Peserta diharapkan memahami Ideologi Koperasi.
  3. Peserta diharapkan memahami Sejarah Perkoperasian di Indonesia.
  4. Peserta diharapkan memahami Sejarah Perkoperasian di Dunia.
  5. Peserta diharapkan memahami Pengetahuan Umum Perkoperasian.
  6. Peserta diharapkan memahami Ekonomi dan Manajemen Umum.
  7. Peserta diharapkan memahami Fungsi, Peran dan Peran Koperasi.
  8. Peserta diharapkan memahami Perangkat Organisasi Koperasi.
  9. Peserta diharapkan memahami Pendirian Koperasi.
  10. Peserta diharapkan memahami Kelembagaan Koperasi.

Kegiatan dilaksanakan di Ayola Tasneem Yogyakarta pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari:

  1. 22 Sekolah jenjang SMP
  2. 11 Sekolah jenjang SMA
  3. 3 Perguruan Tinggi

Dengan kegiatan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian diharapkan siswa/mahasiswa dapat menambah wawasan dan mengenalkan ilmu perkoperasian sedini mungkin.