Untuk Meningkatkan potensi UKM Kota Yogyakarta ada beberapa Program unggulan telah dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Koperasai dan UKM Kota Yogyakarta, antara lain dengan pengembangan UKM melalui Pendampingan Forkom UMKM di setiap Kemantren, HBC dan KaMU serta mendampingi UKM untuk bisa menawarkan produknya melalui Pasar Digital dan mengenalkan dengan pembayaran non tunai untuk mempermudah dalam melakukan transaksi dengan pelanggan/pembeli, serta cara melindungi diri dari kecelakaan kerja dengan cara mengikuti Asuransi yang murah dan mudah untuk diikuti.

Nama event “The LoksTOP” merupakan sebuah singkatan yang berarti “Oleh-oleh Khas Jogja Memang TOP”. Ini berlandaskan bahwa Jogja adalah kota wisata yang idealnya harus bisa menyediakan buah tangan kepada para wisatawan untuk dapat selalu mengenang dan dikemudian hari untuk bisa berkunjung kembali ke kota Jogja. Pameran ini merupakan wujud fasilitasi Pemerintah Kota Yogyakarta bagi pelaku UMKM di Kota Yogyakarta adapun beberapa program promosi lainnya :

  • Promosi MPP;
  • Promosi di gerai KaMU, HBC di Galleria Mall;
  • Promosi melalui media social dalam bentuk video;
  • Promosi bermitra dengan toko jejaring;
  • Promosi melaui pameran mandiru maupun ikut serta dalam even pameran tertentu.

Harapan Pemerintah Kota Yogyakarta adalah bisa menumbuhkan semangat baru bagi UKM Kerajinan, Kuliner dan Fashion untuk menawarkan produk-produk unggulannya yang bisa menarik para pembeli mendatangi tempat keramaian seperti beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Kota Yogyakarta setelah adanya beberapa  pembatasan dalam melakukan kegiatan/ kemasyarakatan dan kebijakan Pemerintah melonggarkan untuk mudik serta mengunjungi tempat-tempat wisata sehingga dapat menumbuhkan perekonomian serta peningkatan kualitas produk.

The LoksTop Oleh-oleh Khas Jogja Memang Top diikuti oleh 32 UKM, dialksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 18 s.d. 23 Mei 2022 menerapkan protocol kesehatan sesuai arahan satgas covid-19.