UMKM KOTA JOGJA DIAJAK MENGENAL DIGITALISASI PEMASARAN
Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta khususnya bidang UMK melakukan Desiminasi Digitalisasi Pemasaran dan Peluang Usaha. Peserta Desiminasi mengundang dari para pelaku UKM yang ada di Kota Yogyakarta. Narasumber dalam kegiatan ini mendatangkan dari PT. Citra Web, Pengurus HBC, dan LPK Wijayakusuma di Griya UMKM Kota Yogyakarta. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan fasilitas promosi dan pemasaran kepada para pelaku UKM di Yogyakarta. Pelaku UKM diberikan pengenalan mengenai Facebook Ads yang bertujuan untuk mempromosikan usahanya secara online. Dengan adanya Facebook Ads, kita dapat mengenal struktur iklan yang mau dipromosikan oleh Pelaku UKM serta mengenali sasaran dan target market promosi yang diiklankan. Untuk mempromosikan usahanya, pelakuUKM perlu melakukan manajemen pemasaran sebagai analisis perencanaan penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan usaha pelaku UKM. Manajemen pemasaran juga berfungsi untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, berapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
Dengan adanya pengenalan Facebook Ads kepada pelaku UKM yang ada di wilayah Yogyakarta, diharapkan dapat membantu setiap pelaku UKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk yang dimiliki. Sedangkan, untuk mengetahui pangsa pasar dan ancaman yang dihadapi saat mempromosikan produknya, diperlukan manajemen pemasaran bagi pelaku UKM.